Monday 12 March 2018

TOKI - Silabus Pemrograman Kompetitif Dasar

Silabus Pemrograman Kompetitif Dasar

1. Perkenalan

  • Motivasi
  • Soal ad hoc

2. Matematika Diskret Dasar

  • Aritmetika modular
  • Faktor bilangan dan sifatnya
  • FPB dan KPK
  • Prime generation
  • Prinsip inklusi eksklusi
  • Pigeon Hole Principle
  • Kombinatorik

3. Brute Force

  • Konsep
  • Teknik umum
  • Studi kasus (umum)

4. Divide and Conquer

  • Konsep
  • Studi kasus: Merge Sort dan QuickSort

5. Greedy

  • Konsep
  • Studi kasus: Coin Change
  • Studi kasus: Activity Selection

6. Dynamic Programming

  • Konsep
  • Studi kasus: Coin Change
  • Studi kasus: Knapsack
  • Studi kasus: Matrix Chain Multiplication (diadopsi menjadi Cutting Stick, UVa 10003)

7. Struktur Data Linear

  • Linked list
  • Stack
  • Queue

8. Perkenalan Graph

  • Konsep
  • Jenis dan sifat graph
  • Representasi graph
  • Graph traversal (Breadth First Search, Depth First Search)
  • Graph khusus: tree, directed acyclic graph

9. Struktur Data Non-Linear

  • Heap
  • Heap Sort
  • Disjoint Set

10. Komputasi Geometri Dasar

  • Titik
  • Garis
  • Segmen garis
  • Segitiga
  • Sudut
  • Lingkaran
  • Representasi elemen geometri dalam pemrograman

11. Memenangkan Kompetisi

  • Tips untuk menghadapi kompetisi sekaligus penutup
Sumber: https://github.com/ia-toki/training-gate-id/blob/master/topik/pemrograman-kompetitif-dasar/SILABUS.md

No comments: